Subscribe to our RSS Feeds

Virtual Access Point Pada Router Mikrotik

0 Comments »
Router Mikrotik menyediakan fitur Virtual Access Point (VAP) pada Interface wireless-nya. Dengan adanya fitur ini, anda dapat membuat beberapa access point dengan berbekal satu interface wireless fisik. Virtual Access Point tersebut nantinya dapat menggunakan SSID yang berbeda-beda, IP Address yang berbeda-beda bahkan Mac address yang berbeda pula.

Anda juga dapat menghidupkan DHCP Server pada masing-masing Virtual Access Point tersebut. Mengatur firewall diantara interface virtual pun bisa anda lakukan. Fitur ini sama dengan teknik VLAN(Virtual Local Area Network) pada jaringan kabel.  Dengan adanya fitur tersebut tentu bagi anda yang belum memiliki biaya untuk perangkat access point yang lebih dari satu, VAP sangat bisa diandalkan.
Contoh kasus. Misalkan anda diminta untuk membagi pengguna wireless dilingkungan sekolah yang terdiri dari pengguna guru, siswa, kariawan maupun staff tata usaha dengan kondisi sekolah hanya memilki 1 buah interface wireless yang ada pada access point, maka untuk menghemat biaya dan tidak perlu menambahkan access point hanya untuk satu access point untuk guru, satu access point untuk siswa dan yang lainnya, maka dengan menerapkan fitur VAP akan menjawab permasalahan tersebut.
Contoh singkat konfigurasi VAP pada Router Mikrotik
Sekarang kita melanjutkan bagaimana cara setting virtual access point di mikrotik menggunakan winbox. Contoh di bawah ini adalah dasar cara setting  beberapa VAP di 1 interface wireless mikrotik.
Pertama, klik menu di winbox “Wireless >> tab Interfaces >> klik +” >> pilih VirtualAP
    1
Kedua, saat jendela “New Interfaces” muncul, klik tab “Wireless
 2
Pada kolom SSID isi nama akses point Anda, contohnya VAP1 atau sesuai kebutuhan. Kemudian Klik OK. Ulangi untuk membuat virtual AP tambahan lainnya, contoh disini saya buat beberapa SSID dalam 1 interface wireless. Di master fisik wireless SSID = MIKROTIK dan saya setting 5 Virtual AP SSID = VAP1 sampai VAP5. Lihat di wireless table sekarang :
 3
Terlihat pada gambar saya sudah membuat 1 SSID utama dan 5 Virtual AP SSID. Sekarang coba anda Scan WiFi dari laptop Anda, akan muncul beberapa wireless akses point seperti gambar dibawah :
 4
10.04

0 Responses to "Virtual Access Point Pada Router Mikrotik"

Posting Komentar